Rectangle-37.png

Tugas Seorang Business Consultant, dan Tanggung Jawabnya

Di dalam dunia bisnis tentu kamu pernah mendengar istilah business consultant bukan? Business Consultant atau yang sering disebut dengan konsultan bisnis sebenarnya merupakan salah satu bisnis yang dijalankan oleh banyak profesional, dan akhir-akhir ini cukup digemari. Namun, tahukah kamu apa itu konsultan bisnis dan siapa yang bisa menjadi business consultant ini?

Oleh karena itu, di dalam artikel ini kami akan memberikan informasi terkait pengertian yang dimiliki, tugas, manfaat, hingga tanggung jawab seorang konsultan bisnis. Langsung saja, kita bahas bersama yuk!

Apa itu Business Consultant?

Istilah business consultant ini terdiri atas dua kata yang saling melengkapi. Ada business yang berarti bisnis dan consultant yang berarti penasihat. Jadi, secara harfiah Business Consultant ialah bisnis yang dijalankan dengan memberikan nasihat, baik ke perusahaan maupun individu.

Melihat dari arti yang dimiliki, tentu kamu berpikir bahwa tugas dari konsultan bisnis hanyalah memberi nasihat pada sebuah bisnis, bukan? Ada sedikit kekeliruan di sini, karena tugasnyatidak hanya memberikan nasihat. Seorang konsultan bisnis juga harus mampu memberikan solusi atas problem-problem yang dihadapi.

Biasanya Business Consultant diperlukan oleh sederet pembisnis lainnya yang ingin berkonsultasi mengenai perencanaan dan perkembangan bisnisnya. Business Consultant bisa dikatakan sebuah bisnis yang merangkul bisnis lainnya.

Tugas Pokok Seorang Konsultan Bisnis

Pada bagian sebelumnya sudah sedikit disinggung terkait tugas dari konsultan bisnis, di mana salah satunya adalah memberikan nasihat dan juga solusi terhadap masalah yang dihadapi. Akan tetapi, ternyata tugas seorang business consultant tidak hanya itu saja, lho! Simak poin-poin untuk mendapat informasinya ya!

Memberikan jasa konsultasi kepada suatu organisasi atau lembaga perusahaan

Seorang konsultan harus bisa memberikan jasa konsultasi kepada kliennya. Namun, mereka harus mempelajari bisnis secara menyeluruh dan meneliti secara detail data dari kliennya tersebut. Tujuannya agar tidak terjadi miss pada saat pemberian konsultasi.

Mengidentifikasi masalah-masalah yang ada

Selain memberikan konsultasi, seorang business consultant juga harus mampu mengidentifikasi masalah yang ada di dalam sebuah bisnis. Baik pada perusahaan yang sudah berkembang maupun perusahaan yang baru saja dirintis. Kemudian, mereka harus mampu untuk mengevaluasi kekurangan dan kelebihan bisnis si klien

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email
×