admin-ajax

KONSULTAN?

KONSULTAN

Berawal dari banyaknya perbedaan pendapat terkait pengadaan jasa konsultan yang ada di pengadaan pemerintah, maka saya tertarik untuk sedikit membantu para pembaca mendapatkan gambaran tentang apa itu konsultan.  Diharapkan dari artikel yang sedikit ini, pembaca dapat mengerti kenapa kita harus menyewa jasa konsultan, kenapa kita sebaiknya tidak mendikte konsultan, dan kenapa bayaran konsultan lebih mahal dibandingkan staf kita?

Apa konsultan?

Seorang konsultan adalah orang yang memberikan saran profesional atau ahli di bidang tertentu ilmu atau bisnis ke salah satu perusahaan atau individu.

Karena tidak ada perlindungan hukum yang diberikan kepada jabatan ‘konsultan’ dalam teori siapa pun bisa bangun suatu hari dan memutuskan untuk mengadopsi judul konsultan.

Meskipun definisi yang luas yang dapat diterapkan untuk sebutan konsultan, pada dasarnya tiga karakteristik yang membedakan seorang konsultan dari profesi lain.

  • Pertama, konsultan menyediakan keahlian yang klien tidak memiliki atau mendukung bahwa klien tidak mampu memenuhi. Sebagai imbalan untuk layanan profesional ini konsultan menerima biaya manajemen.
  • Kedua, konsultan beroperasi secara independen dari klien, menyiratkan bahwa tidak ada konflik kepentingan antara masalah klien dan jasa dari konsultan yang bersangkutan.
  • Ketiga, konsultan beroperasi secara profesional, yang berkisar dari memiliki kualifikasi yang tepat untuk memastikan pengiriman layanan berkualitas tinggi, melestarikan kepemimpinan pengetahuan dan mempertahankan manajemen operasional profesional.
Konsultan 1

Mengapa klien menyewa konsultan?

Definisi konsultasi menunjukkan bahwa klien menyewa konsultan karena keuntungan pengetahuan mereka. Pada sebagian terlalu besar kasus ini adalah alasan utama; klien menyewa sebuah perusahaan konsultan untuk memberikan saran ahli yang pada akhirnya (harus) menyebabkan resolusi masalah dalam organisasi klien. Namun ada lebih banyak alasan mengapa konsultan yang disewa:

  • konsultan independen dan memberikan pandangan obyektif tentang dilema dan solusi
  • konsultan eksternal yang lebih tidak rentan terhadap politik internal dan / atau situasi sensitif
  • konsultan perekrutan mungkin di daerah tertentu lebih murah daripada mempertahankan keahlian dari dalam perusahaan (in-house)
  • ketika perusahaan menemukan diri mereka kekurangan dalam kapasitas untuk proyek-proyek / posisi maka konsultan dapat mengisi kekosongan tersebut
  • konsultan dapat lebih mudah melakukan ‘dirty work’, yaitu mengambil keputusan di mana tidak ada internal ingin membuat

Di mana konsultan bekerja?

Seorang konsultan dapat baik bekerja di sebuah perusahaan konsultan, mengoperasikan usaha swasta dan bekerja sebagai freelancer atau bekerja sebagai konsultan di luar industri konsultasi ( ‘konsultan internal’). Meskipun jumlah yang tepat dari konsultan aktif di Inggris (sebagai contoh) tidak diketahui persis, diperkirakan bahwa ada puluhan ribu perusahaan dan ratusan ribu konsultan, yang mayoritas terbesarnya bekerja sebagai freelancer.

Konsultan 2

The most important trends and developments in various fields and areas of expertise. 

Konultan 3

Kembali ke awal persoalan, kita lihat di Perpres 54 tahun 2010 dan perubahannya , untuk jasa konsultansi masih minim sekali pembahasannya.  Hal ini terkadang mengakibatkan berbagai masalah di lapangan terkait pengadaan konsultan.

Kita coba lihat apa saja hal2 yang diatur terkait konsultansi di Perpres Pengadaan barang/ Jasa Pemerintah:

Definisi Jasa Konsultansi menurut Peraturan Pengadaan Barang / Jasa Pemerintah.

JASA KONSULTANSI adalah jasa layanan profesional yang membutuhkan keahlian tertentu di berbagai bidang keilmuan yang mengutamakan adanya olah pikir (brainware).

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email
×